BISNIS INFORMATIKA




Bisnis informatika dijaman digital seperti ini sudah menjadi hal yang tidak asing lagi, memanfaatkan media internet sebagai lahan, saat ini orang bisa menghasilkan rupiah bahkan dolar hanya duduk manis dirumah dan menatap layar komputer, hanya insting bisnis yang tajam dan koneksi internet maka anda akan mendapatkan penghasilan yang cukup menggiurkan tanpa mengeluarkan keringat, berpanas-panasan, dan melintasi kemacetan di Kota. Ya itulah salah satu efek positif dengan berkembangnya bisnis informatika, namun disatu sisi bisnis informatika mengandung sisi negatif yang tidak sedikit, apa saja sebenrnya keuntungan bisnis informatika dan sisi negatif yang terkandung didalamnya, mari kita baca lanjutannya.

Bisnis informatika bagi sebagian orang awaw yang tinggal di desa mungkin belum mengetahui lebih jelasnya, namun dengan berkembangnya jaman, saat ini pun internet sudah bisa dirasakan di desa-desa hal itu pun pemerintah turut berperan dengan jargonnya “Internet Masuk Desa”, rakyat desa pun semakin terbuka dalam hal teknologi, sebelum lebih lanjut menjelaskan, perlu untuk kita ketahui apa itu bisnis informatika.
Bisnis Informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang (organisasi) yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.

Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi. Jawaban salah satunya Internet. Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi. Nah sekarang jelas apa itu bisnis informatika, dimulai dari hal yang maya kita bisa menghasilkan rupiah yang tidak sedikit, sebagai contoh sekarang ini banyak situs-situs penyedia jasa penjualan online, semisal Toko Bagus yang baru-baru ini gencar melakukan promosi besar-besaran di seluruh media masa dan elektronik, situs ini memiliki lahan untuk kita berjualan, caranya cukup mudah kita hanya tinggal mendeskripsikan barang yang akan kita jual, lengkap dengan penjelasannya dan tambahkan foto agar lebih meyakinkan penjual, dan kita hanya duduk manis dirumah untuk menunggu penawaran dari pembeli, nah disinilah kemampuan negosiasi dengan pembeli diperlukan pikirkan baik-baik untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Bisnis informatika banyak menggunakan internet sebagai medianya, biasanya disebut dengan ‘bisnis online’. Banyak sekali bisnis Informatika yang ada. Disini akan memberikan beberapa contoh dari bisnis informatika.
Bisnis menjual barang atau jasa di internet

Bisnis menjual produk seperti berjualan pada umumnya, bedanya hanya memanfaatkan Internet untuk memajang produk, mengatur sistem pemesanan dan pembayaran secara online. Biasanya disebut dengan e-commerce.

Contoh :
  • Amazon.Com yang menjual buku, cd, software dan berbagai produk di Internet.
  • Bhinneka.Com yang menyediakan produk komputer dan periferalnya yang memungkinkan transaksi lewat Internet.

Bisnis ini juga bisa dilakukan oleh individual, misalnya seorang programmer yang menjual sendiri aplikasi, template, themes, module, maupun plugin yang dia kembangkan, melalui situs pribadinya. Biasanya sang penjual menggunakan sistem e-commerce seperti zencart dan oscommerce yang selain memiliki fitur katalog produk, juga memungkinkan pembayaran secara online dengan payment gateway seperti paypal, 2checkout.com, dsb. Produk yang dijual ini dapat berupa, buku, software, dokumen, mebel, alat elektronik, komputer, handphone, dsb.

  • E-commerce (Perdagangan Elektronik)

Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, atau jaringan komputer lainnya. Perdagangan elektronik dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

  • Konsultan IT

Konsultan IT adalah orang yang menyarankan kepada klien teknologi informasi apa yang harus digunakan untuk memenuhi sasaran bisnis, menyelesaikan suatu masalah, memperbaiki struktur dan efisiensi dan sistem IT organisasi.

  • Software house

Software house adalah sekelompok orang atau individu atau perusahaan kecil yang melakukan bisnis dalam bidang pembuatan perangkat lunak. Produk yang dihasilkan bisa spesifik untuk klien tertentu (seperti aplikasi intranet untuk sebuah perusahaan) , atau bersifat umum (seperti aplikasi untuk toko, apotik, rental mobil, dll) yang bisa digunakan oleh banyak klien.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar